Objek 3: Literature Review Pada Objek Desain

 Kajian Seni Rupa Desain



Jurnal 1

Judul: Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Makna Pesan Iklan Rokok A Mild Versi Langkah

Objek: Iklan Rokok A Mild Versi Langkah

Pendekatan / Presfektif: Menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif

Analisis: 

    Analisis iklan dapat dimaknai menggunakan teori dan metode semiotika. Dengan menganalisis iklan menggunakan semiotika, banyak pesan yang tersirat dalam iklan Menganalisis makna pesan dalam iklan itu harus dikaji dalam semiotika, dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan semiotika Ferdinand De Saussures. Tahapan analisis data yang dilakukan peneliti yaitu dengan mengapresiasikan objek penelitian sebagai langkah awal untuk memahami iklan.

kesimpulan: 

    Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam iklan rokok a mild versi langkah ini mengenai langkah manusia yang beraktifitas dengan ekspresi langkah sangat ringan dan ia sukai tanpa beban.


Jurnal 2

Judul: Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Sebagai Representasi Nilai Kemanusiaan Dalam Film The Call

Objek: Film The Call

Pendekatan / Presfektif: Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika

Analisis: 

    Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu Film The Call dan petanda makna dari film tersebut.

Kesimpulan: 

    Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam Film The Call ini mengenai Kepedulian terhadap sesama manusia, rela berkorban demi keselamatan masyarakat,t olong menolong bekerja sama di tengah kesulitan, dan Menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

 

Jurnal 3

Judul: Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja

Objek: Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja

Pendekatan / Presfektif: Penelitian ini adalah  pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure.

Analisis:

    Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja dan petanda makna dari Desain Kemasan tersebut.

Kesimpulan:

    Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja ini mengenai ingin merepresentasikan identitas dari produk tersebut dengan menawarkan inovasi berupa sajian produk bakpia yang modern dan mewah namun tidak melupakan nilai-nilai luhur budaya Jawa berupa kebijaksanaan dan kesetaraan.

 

Objek Desain: Desain Cover Buku Fiksi (Karakter) @niadesignn.



              Desain cover buku yang dibuat oleh niadesignn pada platform instagram memiliki banyak sekali ilustrasi gambar, tidak hanya itu desain dari cover buku nya, terlihat sangat bagus dan memiliki banyak sekali variasi ilustrasi dari setiap covernya. Bahkan setiap dia membuat cover buku pasti akan memiliki makna dari cover buku itu sendiri. Yang saya suka dari nia desain saat pembuatan Cover buku terdapat pada pewarnaan yang pas untuk cover buku, typografi yang digunakan, penggambaran atau ilustrasi karakter yang mengikuti alur dari cerita tersebut, dan layout.

Nia desain merupakan seorang ilustrator cover buku. pada setiap bukunya, ia akan selalu membuat 3 alternatif cover buku tersebut kepada perusahaan, misal pada salah satu cover buku yang ia buat terdapat ilustrasi karakter seperti menutup mata dengan kain putih, atau menggunakan topeng seakan-akan menutupi keadaannya yang tengah ia derita, atau bisa juga dengan penambahan karakter. Perusahaan penerbit buku yang telah menerima 3 alternatif cover buku tersebut akan membagikan alternatif cover buku itu melalui postingan instagram pada akun istagramnya, agar para pengemar atau pembaca buku tersebut bisa memilih yang mana yang mereka sukai, setelah itu para pembaca atau pengemar akan memilih cover tersebut melalui komen dan pemilihan cover buku yang paling banyak pemilihannya akan digunakan.

Pendekatan: pendekatan deskriptif kualitatif

Analisis: 

    Pada cover buku dapat dikaitkan dengan teori semiotika oleh ferdinand de saussure melalui konsep signifier atau bentuk fisik (penanda) dan signified atau konsep yang direpertasikan oleh signified (pertanda) dalam teori semiotika. Hasil analisis menggunakan analisis penanda pertanda, penanda yaitu cover buku yang dibuat oleh niadesign, ide atau gagasan kreatif dari suatu alur cerita pada isi buku tersebut.

Kesimpulan: 

    Dari yang saya lihat, pada setiap cover buku yang dibuat oleh nia design terdapat banyak sekali alternatif yang akan dia buat, dan saya berpikir kalau ingin menjadi seorang desain atau ilustrasi sangat penting memiliki beberapa alternatif saat mendesain atau membuat suatu karya. Karna tidak semua orang suka dengan desain yang kita buat, maka alternatif adalah jalan terbaik ketika kita ingin mendesain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos, Metafora, Metonimi pada buku Laut Bercerita

Tugas: 20 Literatur Review Jurnal Semiotika Ferdinand De Saussure

Mitos dan Pengalaman Estetis dari Lagu Golden Hour - JVKE