Tugas: 20 Literatur Review Jurnal Semiotika Ferdinand De Saussure

Aulia Nur Rachma (202146500805)

Yasmine Aprilia (202146500807)


Literatur Review


Jurnal 1

Judul:

Makna Cinta Dalam Lirik Lagu Bismillah Cinta Karya Sigit Purnomo : Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure.

Objek:

Lagu Bismillah Cinta Karya Sigit Purnomo

Pendekatan / Presfektif:

Menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan semiotika Ferdinand De Saussure

Analisis: 

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu lagu Bismillah Cinta katya Sigit Purnomo dan petanda dari lirik dan makna lagu tersebut.

Kesimpulan:

Lirik lagu yang ditulis oleh Sigit Purnomo berjudul “Bismillah Cinta” ini mengungkapkan bagaimana rasanya ketika seseorang yang dicintainya terpisah dengan jarak sehingga ikatan cinta yang diungkapkan merupakan sebuah ujian untuk bisa saling memahami keadaaan yang menimpa pribadi masing-masing dan agar dapat mengerti bahwa cinta jika tidak dibarengi dengan rasa percaya maka cinta hanyalah sebuah kata-kata yang dapat dituliskan dalam bahasa bukan merupakan ikatan yang membuat hati menjadi aman dan tentram.

 

Jurnal 2

Judul:

Analisis Semiotika Saussure Pada Karya Poster Maharani yang Berjudul “Save Children”

Objek:

Poster Karya Maharani yang berjudul “Save Children”

Pendekatan / Perspektif:

Menggunakan metode analisis Interpretasi dengan pendekatan semiotika Ferdinand De Saussure

Analisis:

Berdasarkan teori Saussure pada poster yang berjudul “Save Children” adalah melihat sejauh mana entitas-entitas sebuah tanda yang memiliki hubungan pemaknaan antara signifier dan signified yang bermuara pada eksternal reality atau pemaknaan yang sebenarnya yang berkaitan dengan kebebasan anak.

Kesimpulan:

Melalui proses analisis tanda berdasarkan teori semiotika Saussure diharapkan mampu menjadi pemicu bagi sebagian orang tua untuk memberikan kebebasan kepada anak mereka sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

 

Jurnal 3

Judul:

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure sebagai Representasi Nilai Kemanusiaan Dalam Film The Call

Objek:

Film The Call

Pendekatan / Perspektif:

Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika

Analisis:

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu wujud fisik dari film the call dan petanda dilihat dari makna dari film the call.

Kesimpulan:

Berdasarkan analisis semiotika Saussure terdapat kesimpulan pesan dan makna yang disampaikan pada Film The Call yaitu kepedulian terhadap manusia, rela berkorban demi keselamatan masyarakat, saling tolong menolong di tengah kesulitan, dan menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

 

Jurnal 4

Judul:

Analisis Semiotik Film Ku Kira Kau Rumah (Semiotika Model Ferdinand De Saussure)

Objek:

Film Ku Kira Kau Rumah

 Pendekatan:

Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Analisis Semiotika.

Analisis:

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu wujud fisik dari Film Ku Kira Kau Rumah dan petanda dilihat dari makna pesan moral yang terkandung dalam film Kukira Kau Rumah.

Kesimpulan:

Setelah dilakukan analisis pada beberapa scene dengan mengunakan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure untuk mencari penanda dan petanda sehingga ditemukan makna pesan dalam film. Film ini memiliki beberapa pesan moral, yaitu mengajarkan tentang kejujuran, kesetiaan dan pemaaf, kesopanan dan menghargai orang lain, pekerja keras dan pantang menyerah, serta berikan kebebasan kepada orang lain dan jangan terlalu mengekang orang lain.

 

Jurnal 5

Judul:

Analisis Pesan Self Love Dalam Lirik Lagu Answer: Love Myself Produced By Beyond The Scene (BTS) (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

Objek:

Lagu

Pendekatan:

Menggunakan metode pendekatan kualitatif.

Analisis:

Analisis penelitian ini berfokus meninjau secara mendalam makna pesan yang terkandung dalam lirik Lagu Answer: Love Myself.

Kesimpulan:

Sebuah lagu bukan hanya memuat suara serta lirik, melainkan juga mengandung pesan serta arti didalamnya. BTS menciptakan sebuah lagu yang mengandung pesan dan arti di karya tersebut. Pesan dan arti ini bisa ditempatkan sebagai simbol lagu.

 

Jurnal 6

Judul:

Analisi Semiotika Dari Lirik Lagu Esok Kan Bahagia Yang Dipopulerkan Oleh Group Band D’MASIV.

Objek:

Lagu

Pendekatan:

Menggunakan metode pendekatan kualitatif

Analisis:

Peneliti membedah lirik lagu “Esok kan Bahagia” ini untuk mencari tau apa makna yang terkandung dalam lirik lagu ini dan disetiap bait lirik lagu terdapat penanda dan petanda.

Kesimpulan:

Proses tanda dari lirik lagu “Esok kan Bahagia” menjadi makna berdasarkan semiotika Ferdinand de Saussure, yaitu lirik di bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan elemen-elemen lagu dan menafsirkan makna lirik lagu tersebut dan menemukan makna sebagai petanda.

 

Jurnal 7

Judul:

Semiotika Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata Dan Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA

Objek:

Novel

Pendekatan:

Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.

Analisis:

Novel ini jika dikaitkan dengan teori Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu wujud fisik aspek material dari Bahasa yang ditulis atau dibaca dan untuk petanda dilihat dari gambaran mental, pemikiran, atau konsep dari isi novel Orang-Orang Biasa Karya.

Kesimpulan:

Didalam tanda-tanda yang telah ditemukan tersebut terdapat penanda dan petanda. Penanda adalah “bunyi yang bermakna” atau “coretan yang bermakna”. Petanda merupakan konsep atau apa yang dipresentasikan oleh aspek penanda novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata.

 

Jurnal 8

Judul:

Analisis Semiotika Nilai Religius dalam Puisi Mencari Mimpi, Sang Kekasih, dan Catatan dalam Perjalanan Karya Dinullah Rayes

Objek:

Puisi

Pendekatan:

Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand de Saussure.

Analisis:

Analisis terhadap puisi Mencari Mimpi, Sang Kekasih, dan Catatan dalam Perjalanan menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure dengan cara memilah kalimat asli dari puisi berupa signifier (penanda) dan konsep makna berupa signified (petanda) menghasilkan makna berupa nilai religious.

Kesimpulan:

Dapat disimpulkan analisis semiotika Ferdinand de Saussure dengan memilah tanda ke dalam signifier (penanda) dan signified (petanda) sehingga menghasilkan signification (makna) didapatkan nilai-nilai religius di antaranya keagungan Allah SWT, mencari ridho Allah, pantang menyerah, hidup sederhana, keselamatan dunia akhirat, giat ibadah, dan adab kematian.

 

Jurnal 9

Judul:

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure (Petanda Dan Penanda) Dalam Tradisi Angngaru Pada Suku Makasar

Objek:

Tradisi Angngaru pada Suku Makasar

Pendekatan:

Menggunakan jenis penelitian kualitatif

Analisis:

Tradisi Angngaru dapat dikatakan sebagai salah satu ritual tertua dalam lingkungan Kerajaan Gowa. Angngaru ini memiliki banyak makna-makna di dalamnya, makna petanda salah satunya adalah seseorang yang menjadikan dirinya sebagai tameng dalam melindungi Raja yang siap bertarung demi keselamatan melalui tradisi yang bertujuan memecahkan di dalam sebuah arena pertarungan.

Kesimpulan:

Dapat ditarik kesimpulan yakni makna-makna yang terkandung dalam angngaru yakni kita harus bersikap loyal, amanah, patriot dan bertanggung jawab. Amanat itulah yang tertanam dalam setiap kalimat angngaru.

 

Jurnal 10

Judul:

Analisis Semiotika Strukturalisme Ferdinand De Saussure Pada Film "Berpayung Rindu"

Objek:

Film

 Pendekatan:

Menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Analisis:

Berdasarkan hasil analsisis semiotika Ferdinad de Saussure terdapat tanda-tanda yang ditampilkan pada film web series “Berpayung Rindu”. Film ini menampilkan beberapa adegan visual, dan teks yang memeliki makna pembelajaran dan pembentukan karakter terhadap seseorang yang dimana terdapat petanda dan penanda ditiap scene.

Kesimpulan:

Dapat disimpulkan film web series Berpayung Rindu dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure dapat ditarik sebuah kesimpulan mengenai penanda (Signifier) dan petanda (Signified) serta makna dari iklan tersebut yaitu film ini lebih mengarahkan ke pesan moral terlihat dari adegan per episodenya yang mana film ini mengisahkan sepasang suami istri yang berpisah karena perselingkuhan dan yang menjdai korban adalah sang anak yang akibatnya sang anak kehilangan kasih sayang salah satu dari orang tuanya yaitu seorang ibu.


Jurnal 11

Judul:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Makna Pesan Iklan Rokok A Mild Versi Langkah

Objek:

              Iklan Rokok A Mild Versi Langkah

Pendekatan:

              Menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif

Analisis:

              Analisis iklan dapat dimaknai menggunakan teori dan metode semiotika. Dengan menganalisis iklan menggunakan semiotika, banyak pesan yang tersirat dalam iklan Menganalisis makna pesan dalam iklan itu harus dikaji dalam semiotika, dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan semiotika Ferdinand De Saussures. Tahapan analisis data yang dilakukan peneliti yaitu dengan mengapresiasikan objek penelitian sebagai langkah awal untuk memahami iklan.

kesimpulan:

              Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam iklan rokok a mild versi langkah ini mengenai langkah manusia yang beraktifitas dengan ekspresi langkah sangat ringan dan ia sukai tanpa beban.


Jurnal 12

Judul:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Sebagai Representasi Nilai Kemanusiaan Dalam Film The Call

Objek:

              Film The Call

Pendekatan:

              Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika

Analisis:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu Film The Call dan petanda makna dari film tersebut.

Kesimpulan:

              Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam Film The Call ini mengenai Kepedulian terhadap sesama manusia, rela berkorban demi keselamatan masyarakat,t olong menolong bekerja sama di tengah kesulitan, dan Menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

 

Jurnal 13

Judul:

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja

Objek:

              Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja

Pendekatan:

              Penelitian ini adalah  pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure.

Analisis:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja dan petanda makna dari Desain Kemasan tersebut.

Kesimpulan:

              Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam Desain Kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja ini mengenai ingin merepresentasikan identitas dari produk tersebut dengan menawarkan inovasi berupa sajian produk bakpia yang modern dan mewah namun tidak melupakan nilai-nilai luhur budaya Jawa berupa kebijaksanaan dan kesetaraan.


Jurnal 14

Judul:

              Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Iklan Rokok Class Mild ( Act Now) Tahun 2013 Di Youtube

Objek:

              Iklan Rokok Class Mild

Pendekatan:

              Menggunakan metode deskriptif kualitatif

Analisis:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari ROKOK CLASS MILD  (ACT NOW) analisis data berupa tanda (ikon, indeks dan simbol) lalu dengan signifier (penanda), signified (petanda) dan signification (makna)

keduanya).

kesimpulan:

              Kesimpulan pesan atau makna yang disampaikan dalam iklan rokok class mild (Act Now) tersebut menampilkan peradaban masyarakat modern yang dirundung kompleksitas permasalahan hidup. merupakan  iklan  yang  unik  dan  kreatif.  Dikarena produsen  rokok  tidak  menunjukkan  secara  langsung  produk  rokok mereka,  sehingga mereka harus berpikir sekreatif mungkin  untuk mengiklankan produk mereka.

 

Jurnal 15

Judul:

              Cerpen Anak Ke Hutan Karya Yosep Rustandi: Pendekatan Semiotik Ferdinand De Saussure

Objek:

              Cerpen Anak

Pendekatan:

              Menggunakan metode deskriptif kualitatif

Analisis:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari analisis penanda dan petanda pada cerpen, agar dapat diketahui makna yang terkandung dalam cerita. Analisis data pada penelitian ini berpatokan pada model yang dikemukakan oleh Miles Huberman (1992 dalam Hadid, 2019) yaitu ada tiga tahap analisis data, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

kesimpulan:

              setiap tulisan mempunyai makna tersendiri, adapun makna yang tersirat maupun makna tersurat. Pada cerpen anak Ke Hutan karya Yosep Rustandi, terdapat beberapa makna, baik makan tersirat atau makna tersurat. Seperti benda untuk menunjukkan tujuan, sifat tokoh, nasihat kebaikan, keadaan yang berlawanan, latar belakang pengarang, motivasi tersirat, pesan moral, dan kesederhanaan

 

Jurnal 16

Judul:

              Analisis Semiotika Lirik Lagu Berjudul “Online” Oleh: Dewi Kartika Sari

Objek:

              Lagu

Pendekatan:

              Menggunakan metode pendekatan kualitatif

Analisis:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure dapat dilihat dari penanda yaitu Lirik Lagu Berjudul “Online dan petanda makna dari lagu tersebut.

kesimpulan:

              mendeskripsikan kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari di masa itu. Dengan kehadiran Internet pada saat itu, seseorang digambarkan mengalami kecanduan Internet.

 

Jurnal 17

Judul:

              Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji

Objek:

              Lagu

Pendekatan:

              Menggunakan metode pendekatan kualitatif Interpretatif

Analisis:

              Analisis dengan menggunakan teori semiotika dari Saussure. Teori dari Saussure lebih memperhatikan atau terfokus kepada cara tanda-tanda (dalam hal ini kata-kata) berhubungan dengan objek penelitian.

kesimpulan:

              Dari lagu “Laskar Pelangi” bercerita tentang Motivasi dalam mimpi yang harus dikejar dan jangan pernah menyerah saat menggapai mimpi.

 

Jurnal 18

Judul:

              Analisis Semiotika Poster “Ayo, Lindungi Diri Dan Keluarga Dari Covid-19

Objek:

              Poster

Pendekatan:

              Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif

Analisis:

              analisis poster mengenai layanan masyarakat tentang poster “ Ayo, Lindungi Diri dan Keluarga dari covid 19” menggunakan pendekatan semiotika dari Ferdinand De Sassuare. Analisis difokuskan pada tanda-tanda verbal dan visual serta pesan tersirat yang ada dibalik tanda tersebut.

kesimpulan:

              Dapat disimpulkan dari poster “Ayo Lindungi Diri dan Keluarga dari COVID-19” bertujuan untuk melindungi diri dan menerapkan setiap anjuran pada poster tersebut.

 

Jurnal 19

Judul:

              Analisis Sosok Laisa Dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye

Objek:

              Novel

Pendekatan:

              Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif

Analisis:

              analisis sosok Laisa dengan kajian semiotik Ferdinand De Saussure pada novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. analisis data yang telah didapatkan. Dimana peneliti mendeskripsikan sosok Laisa berdasarkan karakter tokoh yang baik hati, mandiri, rela berkorban, kuat, penyayang dan juga sabar, menggunakan kajian semiotik Ferdinand De Saussure yang memaknai berdasarkan penanda dan petanda.

kesimpulan:

              Dapat disimpulkan dari Novel “Dia Adlah Kakakku” karya Tere Liya menjelaskan bagaimana sifat positif dari sang kakak atau sosok laisa dalam novel tersebut, ia selalu melakukan hal-hal yang baik sehingga semua orang mengenalnya tidak hanya itu sifat laisa juga pantang menyerah.

 

Jurnal 20

Judul:

              Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Makna Musik Instrumental Dalam Film Horor Danur: I can see ghost Dalam Kajian Semiotika

Objek:

              Musik Instrumental Dalam Film Horor Danur: I can see ghost

Pendekatan:

              Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui hasil wawancara, observasi dan kajian pustaka

Analisis:

              penelitian ini dilakukan tahapan dengan menganalisis cuplikan film Danur: I Can See Ghost

kesimpulan:

              Dapat disimpulkan dari Musik Instrumental Dalam Film Horor Danur: I can see ghost menjelaskan visual audio yang ditampilkan atau diputar dalam film tersebut membuat kesan menyeramkan ditambah dengan latar tempat, suasana dan setting waktu. Musik Instrumental tersebut yang menginterpresentasikan pada adegan-adegan memiliki makna tersendiri yang menyampaikan informasi kepada penonton.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos, Metafora, Metonimi pada buku Laut Bercerita

Mitos dan Pengalaman Estetis dari Lagu Golden Hour - JVKE