Tugas 1 semiotika pada objek yang ada disekitar kita

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sebelum saya mengetik tentang boneka Felix the Cat yang akan menjadi objek dari sebuah kajian saya di mata kuliah Kajian Seni Rupa dan Desain, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu. Haii nama saya Yasmine Aprilia dengan NPM 202146500807, saya merupakan mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual atau singkat dengan sebutan DKV. Sekarang sudah sayang belum? Hahaha, kan kata pepatah ”tak kenal maka tak sayang.” Haha bercanda.



Gambar Boneka Felix the Cat Pemberian Ayah Saya
(Source: Yasmine Aprilia)


Langsung saja yaa, pasti banyak pertanyaan, kenapa sih kamu memilih objek sebuah boneka Felix The Cat? Oke saya akan menjelaskan, jadi boneka Felix The Cat merupakan boneka kesayangan saya dan sudah meneman nih saya sejak saya masih bayi jika tidak ada boneka ini mungkin saya tidak memiliki barang spesial yang bisa saya jaga hingga saya dewasa dan boneka ini merupakan hadiah pertama saya yang berasal dari luar Indonesia. Saya mendapatkan boneka ini dari ayah saya yang kebetulan dahulu pernah dinas di luar Indonesia lebih tepat nya ke Singapura dan beliau membelikan saya sebuah hadiah berupa boneka Felix the Cat. 

Banyak sekali kenangan yang saya dapatkan dari boneka ini dan termasuk Kegunaan dari boneka ini, bagi saya sendiri boneka Felix the Cat bisa menjadi teman, mau itu teman main atau teman tidur agar kita tidak merasakan kesendirian, sebenarnya banyak sekali kegunaan atau manfaat dari boneka ini seperti contohnya meningkatkan komunikasi dan kemampuan sosial, menumbuhkan rasa kepedulian dan empati, mengasah kemampuan motorik, mendorong imajinasi dan masih banyak lagi.

Jadi dulu waktu saya masih kecil, saya selalu membawa boneka Felix ini kemana-mana, entah kenapa banyak sekali anak yang seumuran dengan saya waktu saya kecil akan menangis ketika melihat boneka itu bahkan sepupu saya yang umurnya baru 2 tahun saja akan menangis kalau saya berikan boneka Felix the Cat, padahal boneka ini bisa melatih atau mendorong imajinasinya. Jika kita lihat boneka Felix the Cat bukannya lucu yaa. 

Terlihat dari bahan pembuatannya yang berupa kain, bentuknya yang menyerupai boneka kucing, dan warnanya yang hitam dan putih, Kepala dan tubuh berwarna hitam dan muka putih, serta ekor panjang yang memiliki ciri khas pada karakter atau boneka Felix the Cat. Selain itu juga, jika kita taruh boneka Felix the Cat tersebut dalam suatu ruangan dapat memenuhi arti dari objek boneka Felix the Cat seperti untuk menghias ruangan dengan cara mendudukkan boneka tersebut diatas meja atau menaruhnya di dalam lemari. Bukan hanya untuk hiasan saja tapi bisa menjadi teman main bahkan teman tidur agar tidak merasa sendiri saat tidur.

Oiya kalian tahu enggak sih kalau Felix The Cat merupakan film animasi ditahun 1919. Felix merupakan kucing kartun tertua sepanjang masa. Jadi sebelum mengenal Tom n Jerry kartun animasi Felix the Cat yang pertama kali muncul. Dan dia laris pada tahun 1920an. Setelah munculnya animasi yang memberikan efek suara pada tokohnya masa kegemilangan tokoh Felix the Cat mulai pudar. Felix the Cat juga memiliki simbol seperti kebahagiaan, kegembiraan dan keterampilan.

Akhirnya sudah selesai juga penjelasan saya tentang boneka Felix the Cat kesayangan saya. Ingat kata pepatah “usaha tidak akan mengkhianati hasil.” Maka terus lah berusaha sampai garis finish. Terima kasih telah bersedia membaca blog saya. Saya pamit undur diri salam cantik nan manis dari saya hahaha. Bay bay


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos, Metafora, Metonimi pada buku Laut Bercerita

Objek 3: Literature Review Pada Objek Desain

Tugas: 20 Literatur Review Jurnal Semiotika Ferdinand De Saussure