Abstrak Novel Karya Leila Salikha Chudori yang berjudul "Laut Bercerita"

 Aulia Nur Rachma (202146500805)

Yasmine Aprilia (202146500807)

Kelas : R4J



Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Karya Novel Leila Salikha Chudori yang berjudul “Laut Bercerita”

(historical fiction)



Abstrak 


Penulisan ini berjudul Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada karya novel Leila Salikha Chudori yang berjudul “Laut Bercerita”. Novel ini berceritakan tentang peristiwa penculikan dan penyiksaan terhadap sejumlah aktivis muda pada tahun 1998. 


Tujuan penelitian dari objek buku ini, untuk mengetahui isi dan makna dari novel Laut Bercerita karya Leila Salikha Chudori, pada tahun 1998 yang sangat erat kaitannya dengan peristiwa runtuhnya rezim orde baru setelah berkuasa selama lebih dari tiga dekade. Berdasar atas fakta-fakta inilah yang membuat penulis berhasil meramu sebuah cerita novel yang apik. 


Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian pendekatan kualitatif dengan teori De Saussure. Hasil analisis dari teori yang kami gunakan menunjukan bahwa novel karya Leila Salikha Chudori yang berjudul “Laut Bercerita” memiliki penanda yaitu wujud fisik sebuah buku novel, lalu untuk petanda dilihat dari alur cerita yang menyajikan semangat atau tekad dari aktivis muda untuk  meruntuhkan orde baru dan mengungkapkan kebenaran. 


Dari analisis ini, disimpulkan bahwa perjuangan para aktivis mahasiswa sebelum reformasi yang memiliki cita-cita untuk menciptakan Indonesia yang lebih demokratis. Buku Laut Bercerita membuat kita memahami sejarah kelam pemerintah pada masa orde baru atau masa lalu. Salah satu penyair dari buku ini membuat satu kalimat yang berbunyi, “Matilah engkau mati, engkau akan terlahir berkali-kali.”



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos, Metafora, Metonimi pada buku Laut Bercerita

Tugas 2: Hasil Analisis Inovasi Bentuk Figur Kayon Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta

Tugas 1 semiotika pada objek yang ada disekitar kita